Apa Penyebab Sakit Kepala Dehidrasi?

Diposting pada

Air menyumbang hampir 70% dari tubuh manusia. Dehidrasi mengacu pada hilangnya cairan tubuh berlebih, dan itu dapat terjadi ketika kehilangan air lebih besar daripada asupannya. Namun, dehidrasi juga mengacu pada hilangnya elektrolit, yang diperlukan untuk melakukan beberapa fungsi vital tubuh. Sejumlah besar air hilang dalam aktivitas seperti buang air kecil, berkeringat, dan bahkan bernapas.

Jika jumlah cairan yang hilang tidak diisi ulang dengan asupan air atau cairan yang cukup, maka bisa berakibat dehidrasi. Jika tingkat air dalam tubuh berkurang di bawah tingkat yang diperlukan untuk mempertahankan fungsi vital, itu dapat bermanifestasi dalam beberapa gejala, termasuk sakit kepala. Jadi, sakit kepala dehidrasi pada dasarnya adalah sakit kepala yang berkembang ketika tingkat air dalam tubuh berkurang secara signifikan. Selain sakit kepala, dehidrasi bisa menyebabkan kelelahan, pusing, kram otot, mulut kering, detak jantung cepat, dan kulit kering yang memerah.

Apa Penyebab Sakit Kepala Dehidrasi?

Seperti namanya, hal ini disebabkan oleh hilangnya kelebihan cairan dari tubuh atau dehidrasi. Namun bagaimana tepatnya dehidrasi menyebabkan sakit kepala tidak begitu jelas. Diasumsikan bahwa ketika tingkat air berkurang di dalam tubuh, tubuh mencoba untuk menghemat air yang tersisa. Untuk melakukannya, ia mengkonstriksi pembuluh darah, yang pada gilirannya mengurangi suplai oksigen dan darah ke otak. Kadang-kadang, mungkin ada kejang pembuluh darah, yang dapat mengurangi suplai oksigen dan darah ke otak. Ini pada gilirannya, dapat menyebabkan sakit kepala. Baca juga: sakit kepala belah kanan

Selain itu, tubuh kehilangan beberapa elektrolit penting karena dehidrasi, yang sangat penting untuk mempertahankan berbagai fungsi tubuh. Dehidrasi bisa diakibatkan oleh sejumlah faktor, termasuk tidak cukup minum cairan. Kadang-kadang, itu juga bisa disebabkan oleh asupan berlebihan minuman tertentu seperti kopi dan alkohol, yang memiliki sifat diuretik. Konsumsi berlebihan kopi atau alkohol yang dikombinasikan dengan asupan air yang tidak memadai terkadang dapat menyebabkan dehidrasi berat. Baca juga: kejang perut

Sejumlah besar air juga terkuras keluar dari tubuh saat berolahraga, bermain olahraga, dan melakukan aktivitas berat. Bahkan, dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab paling penting sakit kepala yang dialami setelah berolahraga. Bahkan obat-obatan seperti diuretik, antihistamin, dan calcium channel blocker dapat menyebabkan hilangnya sejumlah besar air. Kadang-kadang, dehidrasi dapat dikaitkan dengan kondisi medis tertentu seperti diabetes, dan gangguan kelenjar ginjal dan adrenal.